Sabtu, 20 April 2013

Tugas Pokok dan Fungsi KUA Kecamatan Ulee Kareng

     Kantor Urusan Agama Kecamatan berfungsi/bertugas membantu sebagian tupoksi Kementerian Agama Kab/Tingkat Kota, yaitu dalam hal melaksanakan pelayanan dan bimbingan di bidang Urusan Agama Islam.Dalam melaksanakan tugasnya KUA menyelenggarakan fungsi penjabaran dan pelaksanaan kebijaksanaan teknis di bidang kepenghuluan, pengembangan keluarga sakinah, produk halal, ibadah sosial, dan pengembangan kemitraan umat Islam, serta penyiapan bahan pelayanan dan bimbingan di bidang urusan agama Islam.
   KUA Kec. Ulee Kareng - Kota Banda Aceh saat ini dipimpin oleh Muhammad Iqbal, S.Ag. MH dengan staf dan pembagian tugasnya sebagai berikut :

JOB DESCRIPTION / URAIAN TUGAS KANTOR URUSAN AGAMA (KUA)
KECAMATAN ULEE KARENG - KOTA BANDA ACEH
A. Nama            : M. Iqbal, S.Ag., M.H.
     NIP              : 19740911 200212 1 001
     Pangkat/Gol  : Penata (III/c).
     Jabatan         : Kepala KUA Kec. Ulee Kareng
Tugas :
  1. Mengkoordinasikan semua kegiatan yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi KUA sebagai pelaksana teknis Kementerian Agama.
  2. Membimbing dan melaksanakan pernikahan/kepenghuluan dan rujuk
  3. Menandatangani Akta Nikah, akta Rujuk serta surat penting lainnya
  4. Melakukan pembinaan, penasehatan serta penyelesaian kasus rumah tangga
  5. Melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap imam Kelurahan / Gampong dan imam meunasah.
  6. Melakukan pembinaan dan pengawasan kerukunan antar umat beragama.
  7. Membina LPTQ dan LP2A tingkat kecamatan.
  8. Melakukan pengawasan terhadap Nazir dan tanah wakaf.
  9. Membuat Akta Ikrar Wakaf/AIW
  10. Melakukan koordinasi dan penguatan kelembagaan agama Islam dengan unsur Muspika lainnya
B. Nama            : T. Abd Salam. S.Pd.i
     NIP              : 195980925 197903 1 001
     Pangkat/Gol  :  Penata Tk I ( III/d )
     Jabatan         :  Staf KUA Kec. Ulee Kareng
Tugas :
  1. Melakukan pendataan  dan pembinaan terhadap penyuluh agama Islam.
  2. Melakukan pendataan Majelis Ta’lim, TPA/TPQ dan pondok pesantren/dayah.
  3. Melakukan penggandaan data/ foto copy.
  4. Membantu legalisir buku nikah
  5. Membantu pengiriman barang/ surat keluar.
  6. Membersihkan area dalam dan luar kantor.
  7. Membersihkan barang habis pakai.
  8. Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh kepala kantor
C. Nama            : Munir, S.Ag
     NIP              : 197707062005011010
     Pangkat/Gol  : Penata  (III/c).
     Jabatan         : Penghulu  KUA  Kec. Ulee Kareng.
Tugas :
  1. Melaksanakan tugas kepenghuluan
  2. Pelaksanaan pernikahan dan bimbingan pengantin
  3. Pemeriksaan dan memferifikasi data pengantin dan wali nikah
  4. Membuat laporan bulanan setiap akhir bulan dan membuat absensi pegawai setiap awal bulan
  5. Mengonsep dan memproses surat keluar yang perlu ditindaklanjuti
  6. Melakukan pembinaan ibadah sosial dan keluarga sakinah
  7. Membuat data statistik kependudukan dan data lainnya.
  8. Membuat rekomendasi nikah
  9. Menulis buku akta nikah
  10. Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh kepala kantor
D. Nama            : Nilawati
     NIP               : 19660705 200312 2 001
     Pangkat/Gol  : Pengatur Muda Tk. 1 ( II/b )
     Jabatan         : Staf KUA Kec. Ulee Kareng.
Tugas :
  1. Bendahara DIPA dan DIPA NR
  2. Pemegang Kas Harian.
  3. Membuat Laporan Keuangan/Kas kepada kepala setiap bulan
  4. Mengisi Blangko SSBP bagi Catin yang telah mendaftar dan menyetor ke URAIS.
  5. Membuat laporan keuangan Majalah Perkawinan.
  6. Menerima Pendaftaran nikah
  7. Membenahi administrasi perkantoran dan mengarsip surat-surat dengan baik dan benar.
  8. Membantu menertibkan sibir buku nikah.
  9. Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh kepala kantor.
.
E. Nama            : Ikhsan
    NIP               : 19730608 200501 1 003
    Pangkat/Gol  :  Pengatur Muda Tk. 1 ( II/b )
    Jabatan         :  Staf KUA Kec. Ulee Kareng
Tugas :
  1. Mengurus keperluan penggandaan/ foto copy administrasi perkantoran.
  2. Melakukan  perbaikan/ service terhadap Barang inventaris kantor.
  3. Menangani logistik/ konsumsi pegawai dan dokumentasi
  4. Mengurus dan mengelola barang  inventaris kantor
  5. Mengurus pengiriman surat menyurat.
  6. Membuat papan data statistik kependudukan, NR, haji, zakat dan wakaf.
  7. Membantu membuat daftar pengumuman catin / NC
  8. Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh kepala kantor
F. Nama             :  Dra. Salwa

    NIP                :  Pegawai Bakti
    Pangkat/Gol  :  -
    Jabatan          :  Staf KUA Kec. Ulee Kareng
Tugas :
  1. Bendaharawan non rutin
  2. Menulis Buku Akta Nikah
  3. Membantu Membuat Rekomendasi Pindah Nikah.
  4. Membantu membuat pengumuman nikah/NC.
  5. Membersihkan areal dalam dan luar kantor.
  6. Menjaga kebersihan, kerapian dan keindahan kantor.
  7. Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh kepala kantor
G. Nama            : Nur Mawaddah, SHI
     NIP              : Pegawai Bakti
     Pangkat/Gol  : -
     Jabatan          : Staf  KUA Kec. Ulee Kareng
 Tugas :
  1. Menangani Legelisir Foto Copy Buku Nikah.
  2. Membersihkan area dalam dan luar kantor.
  3. Menyiapkan Rekomendasi Pindah Nikah.
  4. Membantu merapikan berkas dan data NR.
  5. Menjaga kebersihan, kerapian dan keindahan dalam dan luar kantor.
  6. Membersihkan barang habis pakai.
  7. Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh kepala kantor
H.  Tenaga Bakti
1.    Membantu pelaksanaan tugas administrasi, persuratan, dan pengarsipan;
2.    Membantu proses penulisan NB Catin, buku akta, dan data-data lain;
3.    Membantu penerimaan tamu dan pelayanan lain;
4.    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh kepala KUA.

I.    Tenaga Penyuluh Fungsional
1.    Melaksanakan bimbingan dan penyuluhan agama Islam;
2.    Mendata Majlis Taklim, TPA/TPQ, Masjid, Meunasah, Mushalla, Penyuluh Agama Desa/ Gampong, Imam/Tengku Gampong, dan lain-lain;
3.    Membantu pelayanan di bidang penyuluhan keluarga sakinah;
4.    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

2 komentar: